Mendorong seluruh siswa untuk berprestasi akan meningkatkatkan kepercayaan diri dan daya saing dalam era globalisasi saat ini. Karena Prestasi sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar.

Membentuk siswa berbudi pekerti luhur dapat yang akan dapat meningkatkan kualitas diri sehingga akan menciptakan generasi bangsa yang berkarakter yang mengedepankan budi pekerti.

Iklim persaingan akan menghasilkan siswa unggul dan berprestasi sehingga diharapkan akan mampu menghasilkan generasi yang siap berdaya saing tinggi dalam era globalisasi.

Membangun karakter siswa berwawasan lingkungan yang selalu melibatkan lingkungan sebagai salah satu faktor penting yang perlu dilestarikan untuk masa depan.

PEMBANGUNAN MASJID NURUL IMAN SMP NEGERI 1 SUKOHARJO

Masjid

Peningkatan mutu pendidikan adalah suatu proses sistemik yang di dalamnya melibatkan banyak faktor yng saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Diantaranya adalah faktor sarana dan prasarana pendidikan yang representatif sehingga dapat menunjang berlangsungnya penanaman karakter dan proses pembelajaran secara kondusif dan berkwalitas sesuai standar yang telah ditetapkan.


Sebagai salah satu sekolah yang berkualitas di Kabupaten Sukoharjo, SMP Negeri 1 Sukoharjo terus berbenah diri dan beradaptasi untuk mencapai standar sekolah yang melampaui SNP. Berbagai upaya pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan standar terus diupayakan secara bertahap dan terukur dari tahun-ketahun, namun demikian pemenuhan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar nasional bukanlah merupakan hal yang mudah terutama dalam pendanaan.


Salah satu sarana dan prasarana sekolah yang penting adalah masjid sekolah. Masjid sekolah sebagai sentral kegiatan ibadah, pembelajaran dan kepemimpinan sudah semestinya disiapkan sebaik mungkin agar generasi yang akan datang siap menjadi generasi emas yang diharapkan. Keberadaan masjid sekolah SMP Negeri 1 Sukoharjo saat ini masih kurang memadai terutama daya tampung yang masih terbatas dengan jumlah siswa, guru dan karyawan hampir 1000 orang. Kondisi ini menyebabkan siswa terlambat untuk mengikuti pelajaran karena harus menunggu antrian untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid.


Berdasarkan permasalahan tersebat maka pembangunan masjid SMP Negeri 1 Sukoharjo merupakan program yang sangat penting untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada sisi lain dengan dibangunnya masjid yang baru maka peran dan fungsi masjid dapat ditingkatkan baik dalam hal ibadah maupun dalam peningkatan pendidikan yang lainnya. Desain masjid yang dibangun menggunakan konsep ramah lingkungan dan edukatif, sehingga diharapkan akan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mendukung proses pembelajaran sekolah.


Untuk itu Komite Sekolah, Alumni, dan Sekolah telah memulai pembangunan Masjid pada 29 Mei 2019 yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Sukoharjo, Bp. H. Purwadi SE, MM.


Adapun Biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 1.614.640.000 untuk pembangunan Masjid seluas 21 x 25 m2 (dua lantai), biaya tersebut diperoleh dari partisipasi komite, siswa, guru, karyawan, alumni, dan masyarakat sekitar. Namun karena banyaknya biaya yang dibutuhkan SMP Negeri 1 Sukoharjo masih terkendala dalam penyelesaian pembangunan masjid tersebut, dan saat ini masih membuka penyaluran infaq dari para donatur yang bisa disalurkan melalui Rekening Bank Jateng Syariah dengan No. Rek 6053013332 Kode Bank 113. a.n Masjid Nurul Iman SMPN 1 Sukoharjo, konfirmasi transfer bisa melalui No. HP 081 1263 4016 (Nining) atau 0813 9363 6506 (Rini).sijos/1Juli


INFORMASI PPDB SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Informasi mengenai PPDB dapat secara lengkap di unduh pada link berikut : ppdb smpn 1 skh_fix

Beralihnya Dakwah Menuju Era Live Streaming di Tengah Wabah Corona

Pandemi virus corona menunjukkan pentingnya media baru dalam dakwah. Meski dituntut menjaga jarak atau physical distancing, tidak ada alasan bagi urusan dakwah atau mencari ilmu agama. Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1441 H, SMP Negeri 1 Sukoharjo mengawali kegiatan belajar dengan kajian online secara live streaming. Siswa mengikuti kegiatan secara live...

Peduli Dampak Corona, SMP N 1 Sukoharjo Salurkan Bantuan

Penyerahan 80 paket sembako kepada keluarga siswa yang kurang mampu oleh Dra. Indiah Dewi Murni, M.Pd selaku Kepala SMP Negeri 1 Sukoharjo kepada Ketua Sie Kekeluargaan Bp. Drs. Laminto pada Senin, 20 April 2020 untuk segera di distribusikan. Pemberian bantuan tersebut dilakukan untuk membantu keluarga siswa kurang mampu yang terdampak...

Spensa Peduli, Spensa Berbagi di Tengah Pandemi

Selasa 7 April 2020. Kami, Squad Supporter Spensa mengadakan bagi-bagi masker gratis di lima penjuru proliman Sukoharjo. Di tengah mewabahnya virus corona yang masih mengkhawatirkan, butuh kepedulian dari sesama untuk bersinergi dan saling peduli agar semua ikut terlibat demi mencegah semakin merebaknya virus corona/ khususnya kita sebagai pelajar harus peduli...

Ujian Praktik dengan Berkampanye

Merebaknya Virus Covid-19 akhir-akhir ini menjadi satu keresahan yang dirasakan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran secara tatap muka secara otomatis dialihkan menjadi pembelajaran daring demi memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Tryout, Ujian Sekolah, Ujian Praktik pun juga dilaksanakan secara daring. Setelah sukses melewati Tryout dan Ujian Sekolah secara daring, kini...

UN dihapus, Ujian Sekolah Tetap dilaksanakan secara Daring

Setelah sukses menyelenggarakan Tryout secara online, SMP Negeri 1 Sukoharjo melaksanakan Ujian Sekolah berbasis Online. Ujian Sekolah Online tetap dilaksanakan oleh sekolah karena siap secara infrastruktur dan SDM. Adapun kendala yang terjadi di tengah ujian berlangsung, seperti gangguan jaringan dan kuota, dapat diantisipasi dan diatasi sehingga ujian dapat berlangsung dengan...