Mendorong seluruh siswa untuk berprestasi akan meningkatkatkan kepercayaan diri dan daya saing dalam era globalisasi saat ini. Karena Prestasi sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar.

Membentuk siswa berbudi pekerti luhur dapat yang akan dapat meningkatkan kualitas diri sehingga akan menciptakan generasi bangsa yang berkarakter yang mengedepankan budi pekerti.

Iklim persaingan akan menghasilkan siswa unggul dan berprestasi sehingga diharapkan akan mampu menghasilkan generasi yang siap berdaya saing tinggi dalam era globalisasi.

Membangun karakter siswa berwawasan lingkungan yang selalu melibatkan lingkungan sebagai salah satu faktor penting yang perlu dilestarikan untuk masa depan.

PEMBANGUNAN MASJID NURUL IMAN SMP NEGERI 1 SUKOHARJO

Masjid

Peningkatan mutu pendidikan adalah suatu proses sistemik yang di dalamnya melibatkan banyak faktor yng saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Diantaranya adalah faktor sarana dan prasarana pendidikan yang representatif sehingga dapat menunjang berlangsungnya penanaman karakter dan proses pembelajaran secara kondusif dan berkwalitas sesuai standar yang telah ditetapkan.


Sebagai salah satu sekolah yang berkualitas di Kabupaten Sukoharjo, SMP Negeri 1 Sukoharjo terus berbenah diri dan beradaptasi untuk mencapai standar sekolah yang melampaui SNP. Berbagai upaya pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan standar terus diupayakan secara bertahap dan terukur dari tahun-ketahun, namun demikian pemenuhan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar nasional bukanlah merupakan hal yang mudah terutama dalam pendanaan.


Salah satu sarana dan prasarana sekolah yang penting adalah masjid sekolah. Masjid sekolah sebagai sentral kegiatan ibadah, pembelajaran dan kepemimpinan sudah semestinya disiapkan sebaik mungkin agar generasi yang akan datang siap menjadi generasi emas yang diharapkan. Keberadaan masjid sekolah SMP Negeri 1 Sukoharjo saat ini masih kurang memadai terutama daya tampung yang masih terbatas dengan jumlah siswa, guru dan karyawan hampir 1000 orang. Kondisi ini menyebabkan siswa terlambat untuk mengikuti pelajaran karena harus menunggu antrian untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid.


Berdasarkan permasalahan tersebat maka pembangunan masjid SMP Negeri 1 Sukoharjo merupakan program yang sangat penting untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada sisi lain dengan dibangunnya masjid yang baru maka peran dan fungsi masjid dapat ditingkatkan baik dalam hal ibadah maupun dalam peningkatan pendidikan yang lainnya. Desain masjid yang dibangun menggunakan konsep ramah lingkungan dan edukatif, sehingga diharapkan akan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mendukung proses pembelajaran sekolah.


Untuk itu Komite Sekolah, Alumni, dan Sekolah telah memulai pembangunan Masjid pada 29 Mei 2019 yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Sukoharjo, Bp. H. Purwadi SE, MM.


Adapun Biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 1.614.640.000 untuk pembangunan Masjid seluas 21 x 25 m2 (dua lantai), biaya tersebut diperoleh dari partisipasi komite, siswa, guru, karyawan, alumni, dan masyarakat sekitar. Namun karena banyaknya biaya yang dibutuhkan SMP Negeri 1 Sukoharjo masih terkendala dalam penyelesaian pembangunan masjid tersebut, dan saat ini masih membuka penyaluran infaq dari para donatur yang bisa disalurkan melalui Rekening Bank Jateng Syariah dengan No. Rek 6053013332 Kode Bank 113. a.n Masjid Nurul Iman SMPN 1 Sukoharjo, konfirmasi transfer bisa melalui No. HP 081 1263 4016 (Nining) atau 0813 9363 6506 (Rini).sijos/1Juli


Ada Apa Dengan 14 Februari ?

Jum’at, bertepatan dengan tanggal 14 Februari ROHIS SMPN 1 Sukoharjo mengadakan kegiatan kajian remaja mengenai budaya yang diperingati setiap 14 Februari. Bersama dengan narasumber Ustadz Agus Setiawan, Beliau menekankan bahwa dalam Islam, tidak ada budaya yang dikenal dengan istilah “Valentine” tersebut. Semoga dengan adanya kajian tersebut, semakin meningkatkan keimanan dan...

Tes Berbasis Android SMP N 1 Sukoharjo Sebagai Bentuk Implementasi Blended Learning

Rencana Penilaian Tengah Semester II akan digelar awal bulan Maret yang akan datang. SMP N 1 Sukoharjo sedang mempersiapkan hal ini dengan model Android Based Test (ABT). Program ini menjadi bagian dr implementasi Blended Learning yang sedang dirintis di sekolah. SMPN 1 Sukoharjo sebagai salah satu sekolah yang pada akhir...

Perubahan Suatu Kelompok Akan Berubah, Jika Pribadinya Berubah

  Bremoro, 11 Des 2019. Dalam pembukaan Penilaian Blok IX Gudep 01.105-106 SMPN 1 Skh, Kepala Sekolah Dra. Indiah Dewi Murni, M.Pd menyampaikan pentingnya pendidikan karakter melalui Olah Pikir, Olah Hati, Olah Raga, Olah Rasa dan Karsa. Guna mewujudkannya, salah satu upaya dengan melalui kegiatan pramuka yg dilaksanakan pada 11-13...

Selamat Hari Guru… “Guru Penggerak Indonesia Maju..”

Hari ini, Senin 25 November 2019 merupakan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019. Berbagai ucapan dan ungkapan selamat hari guru yang disampaikan kepada guru sebagai apresiasi atas dedikasinya mengabdi. Selamat hari Guru Nasional… Guru Penggerak Indonesia Maju ..

Talkshow dan Kajian Akbar “Generasi Keren Tanpa Pacaran”

Rohis bekerjasama dengan OSIS SMP N 1 Sukoharjo mengadakan kajian akbar dalam bentuk Talk show. Pada hari Jumat, 8 November 2019. Kajian dengan tema “Generasi Keren Tanpa Pacaran” ini berlangsung dengan sangat menarik, karena tema yang diusung sesuai dengan yang dibutuhkan siswa saat ini. Rohis SMP N 1 Sukoharjo mendatangkan...

PESERTA SMP NEGERI 1 SUKOHARJO JUARA 2 LOMBA MENULIS SINOPSIS TINGKAT SMP NEGERI DAN SWASTA KAB.SUKOHARJO TAHUN 2019

SMP Negeri 1 Sukoharjo kembali mengukir prestasi pada lomba menulis sinopsis yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, pada Rabu 30 Oktober 2019. Penyerahan Piala Lomba Menulis Sinopsis Sebagai Juara 2. Alhamdulillah,, Selamat untuk pembina dan juara..