Mendorong seluruh siswa untuk berprestasi akan meningkatkatkan kepercayaan diri dan daya saing dalam era globalisasi saat ini. Karena Prestasi sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar.

Membentuk siswa berbudi pekerti luhur dapat yang akan dapat meningkatkan kualitas diri sehingga akan menciptakan generasi bangsa yang berkarakter yang mengedepankan budi pekerti.

Iklim persaingan akan menghasilkan siswa unggul dan berprestasi sehingga diharapkan akan mampu menghasilkan generasi yang siap berdaya saing tinggi dalam era globalisasi.

Membangun karakter siswa berwawasan lingkungan yang selalu melibatkan lingkungan sebagai salah satu faktor penting yang perlu dilestarikan untuk masa depan.

PEMBANGUNAN MASJID NURUL IMAN SMP NEGERI 1 SUKOHARJO

Masjid

Peningkatan mutu pendidikan adalah suatu proses sistemik yang di dalamnya melibatkan banyak faktor yng saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Diantaranya adalah faktor sarana dan prasarana pendidikan yang representatif sehingga dapat menunjang berlangsungnya penanaman karakter dan proses pembelajaran secara kondusif dan berkwalitas sesuai standar yang telah ditetapkan.


Sebagai salah satu sekolah yang berkualitas di Kabupaten Sukoharjo, SMP Negeri 1 Sukoharjo terus berbenah diri dan beradaptasi untuk mencapai standar sekolah yang melampaui SNP. Berbagai upaya pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan standar terus diupayakan secara bertahap dan terukur dari tahun-ketahun, namun demikian pemenuhan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar nasional bukanlah merupakan hal yang mudah terutama dalam pendanaan.


Salah satu sarana dan prasarana sekolah yang penting adalah masjid sekolah. Masjid sekolah sebagai sentral kegiatan ibadah, pembelajaran dan kepemimpinan sudah semestinya disiapkan sebaik mungkin agar generasi yang akan datang siap menjadi generasi emas yang diharapkan. Keberadaan masjid sekolah SMP Negeri 1 Sukoharjo saat ini masih kurang memadai terutama daya tampung yang masih terbatas dengan jumlah siswa, guru dan karyawan hampir 1000 orang. Kondisi ini menyebabkan siswa terlambat untuk mengikuti pelajaran karena harus menunggu antrian untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid.


Berdasarkan permasalahan tersebat maka pembangunan masjid SMP Negeri 1 Sukoharjo merupakan program yang sangat penting untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada sisi lain dengan dibangunnya masjid yang baru maka peran dan fungsi masjid dapat ditingkatkan baik dalam hal ibadah maupun dalam peningkatan pendidikan yang lainnya. Desain masjid yang dibangun menggunakan konsep ramah lingkungan dan edukatif, sehingga diharapkan akan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mendukung proses pembelajaran sekolah.


Untuk itu Komite Sekolah, Alumni, dan Sekolah telah memulai pembangunan Masjid pada 29 Mei 2019 yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Sukoharjo, Bp. H. Purwadi SE, MM.


Adapun Biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 1.614.640.000 untuk pembangunan Masjid seluas 21 x 25 m2 (dua lantai), biaya tersebut diperoleh dari partisipasi komite, siswa, guru, karyawan, alumni, dan masyarakat sekitar. Namun karena banyaknya biaya yang dibutuhkan SMP Negeri 1 Sukoharjo masih terkendala dalam penyelesaian pembangunan masjid tersebut, dan saat ini masih membuka penyaluran infaq dari para donatur yang bisa disalurkan melalui Rekening Bank Jateng Syariah dengan No. Rek 6053013332 Kode Bank 113. a.n Masjid Nurul Iman SMPN 1 Sukoharjo, konfirmasi transfer bisa melalui No. HP 081 1263 4016 (Nining) atau 0813 9363 6506 (Rini).sijos/1Juli


PEMANTAPAN PMR MADYA SMP NEGERI 1 SUKOHARJO

Dalam rangka meningkatkan keterampilan PMR dalam bakat Palang Merah, SMP Negeri 1 Sukoharjo mengadakan kegiatan Pemantapan PMR Madya pada hari MInggu, 13 Oktober 2019 di Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Dari hasil kegiatan ini diharapkan agar siswa terampil dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota dan pengurus PMR. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk outbound.

Juarai Lomba MAPSI, SMP Negeri 1 Sukoharjo Akan Mewakili Sukoharjo di Tingkat Provinsi

Alhamdulillah, SMP N 1 Sukoharjo menjuarai beberapa cabang Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Islam dan Seni Islam (MAPSI) Kabupaten Sukoharjo Tahun 2019. Hasil Lomba yang diselenggarakan di SMP N 1 Grogol pada pada hari Rabu (2/10/2019) tersebut, SMP Negeri 1 Sukoharjo berhasil memperoleh Juara sebagai berikut : 1) Juara 1 Rebana...

Hasil Lomba FL2S, O2SN, dan FLS SMP Negeri 1 Sukoharjo

Tiada Hari Tanpa Prestasi, Tiada Upacara Tanpa Piala.. Motto SMP Negeri 1 Sukoharjo yang menjadi motivasi untuk selalu menampilkan yang terbaik. Alhamdulillah berikut daftar pemenang lomba terbaru SMP Negeri 1 Sukoharjo : 1. Lomba Olimpiade Olah Raga Siswa Nasinal (O2SN) SMP Tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2019 Nama Peserta :...

KEMAH PEMANTAPAN PRAMTI SMP NEGERI 1 SUKOHARJO

Sukoharjo – Gugus Depan Gerakan Pramuka SMP Negeri 1 Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo mengadakan kegiatan Kemah Pemantapan yang bertujuan untuk pembentukan karakter unggul bagi anggota atau peserta kegiatan. Kemah Pemantapan yang diadakan di Bumi Perkemahan al-Amin desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar dari hari Jum’at hingga Minggu, 6-8 September 2019 diikuti...

Kegiatan Masa Jeda Tengah Semester Gasal

Kegiatan Masa Jeda Tengah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Sukoharjo, diisi dengan berbagai kegiatan dan perlombaan sekaligus sebagai ajang penjaringan siswa yang berbakat dalam bidangnya. Kegiatan Jeda antara lain : Lomba Volly, Duo Vokal, Storry Telling, Catur, Kantin Siswa, Debat, Mading, Azan, Qiro’ah, PBB dan Kekompakan...

Gerakan Pungut Sampah Sedunia (World Clean Up Day) SMP Negeri 1 Sukoharjo

World Cleanup Day (WCD) 2019 adalah sebuah gerakan bersih-bersih terbesar di dunia yang dilaksanakan serentak di 157 negara. Dan pada hari ini Sabtu, 21 September 2019 pukul 06.00 – 12.00 dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi Indonesia. Gerakan Pungut Sampah Sedunia (World Clean Up Day) juga dilaksanakan oleh SMP Negeri...