RAPAT PEMBAGIAN TUGAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sijos (27/6/2019) – Dalam rangka menyambut Tahun Pelajaran baru, sudah menjadi agenda rutin SMP Negeri 1 Sukoharjo mengadakan Rapat Pembagian Tugas. Pada kesempatan kali ini Rapat dilaksanakan di Hotel Tosan Solo Baru pada 27 Juni 2019. Dalam rapat yang dipimpin oleh Dra. Indiah Dewi Murni, M.Pd., selaku Kepala SMP Negeri 1 Sukoharjo, dihasilkan berbagai keputusan tentang pembagian tugas Guru dan Karyawan dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, dari pembagian jadwal mengajar, wali kelas, tugas tambahan guru dan karyawan, sampai dengan pemberian amanat bagi guru sebagai wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan kepala laboratorium.

Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 ini yang terpilih sebagai Wakil Kepala Sekolah urusan Kurikulum adalah Dra. Krisnandari Titik Maryati, M.Si, Wakil Kepala Sekolah urusan Kesiswaan: Sunardi, S.Pd., M.Pd., Wakil Kepala Sekolah urusan Sarpras: Drs. Darno, Kepala Perpustakaan: Sri Puji Rahayuningsih, S.Pd. dan Kepala Laboratorium diamanatkan kepada Rina Harsuciningsih, S.Pd., M.Pd.

Selain itu semua Guru dan Karyawan dilibatkan dalam pelaksanaan tugas baik wajib maupun tambahan untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala SMP Negeri 1 Sukoharjo. 

PPDB SMP Negeri 1 Sukoharjo 2019/2020

PPDB

SMP Negeri 1 Sukoharjo sebagai sekolah tervaforit di Kota Makmur telah selesai melaksanakan kegiatan PPDB Tahun Pelajaran 2019/2020 secara online berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo Nomor : 422.1/1090/2019 tanggal 20 Pebruari 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Kuota siswa yang diterima pada Tahun Pelajaran ini adalah 320 siswa. PPDB yang dilaksanakan SMP Negeri 1 Sukoharjo melalui 2 Tahap.

Tahap I

PPDB dilaksanakan pada tanggal 6-8 Mei 2019, pada tahap ini dibuka 2 jalur pendaftaran yakni pendaftaran melalui jalur bina lingkungan RW dan jalur PIP. Jumlah siswa yang lolos pada seleksi ini adalah 91 siswa dengan rincian sebanyak 41 siswa dari pendaftar jalur bina lingkungan, dan 50 siswa dari pendaftar PIP.

Tahap II

Pelaksanaan PPDB Tahap II mulai tanggal 13-15 Juni 2019 dengan membuka 3 jalur pendaftaran yakni, jalur Reguler (Zonasi), jalur prestasi, dan jalur perpindahan orang tua. Jumlah siswa yang lolos seleksi ini terdiri dari 210 siswa dari jalur reguler, 16 siswa dari jalur prestasi, dan 3 siswa dari perpindahan orang tua.

Karawitan

Karawitan adalah seni suara daerah baik vokal atau instrumental yang mempunyai klarifikasi dan perkembangan dari daerahnya itu sendiri.

arawitan Gending merupakan salah satu bentuk kesenian yang dalam penyajiannya lebih mengutamakan unsur instrumental atau alat musik. KARAWITAN VOKAL/SEKARAN.

Yang dimksud dengan karawitan vokal atau lebih dikenal dalam karawitan Sunda dengan istilah Sekar ialah seni suara yang dalam substansi dasarnya mempergunakan suara manusia. Tentu saja dalam penampilannya akan berbeda dengan bicara biasa yang juga mempergunakan suara manusia. Sekar merupakan pengolahan yang khusus untuk menimbulkan rasa seni yang sangat erat berhubungan langsung dengan indra pendengaran. Dia sangat erat bersentuhan dengan nada, bunyi atau alat-alat pendukung lainnya yang selalu akrab bertdampingan

Pada kehidupan orang Sunda pada masa lalau sejak mereka lahir secara tidak langsung telah didekatkan dengan alunan sekar. Sejak mereka lahir sang ibu menimang, meninabobokan dengan menggunakan sekar. Dalam mengajak bermain, dalam tahap-tahap mulai belajar bicara, belajar berjalan, sekar sangat sering didengarkan oleh orang tua atau pengasuhnya. Itulah sebabnya lagu-lagu dalam meninabobokan atau ngayun ngambing anak selalu populer dari masa ke masa, dalam arti kelestariannya terlihat karena selalu dilakukan dari generasi ke generasi.