Beralihnya Dakwah Menuju Era Live Streaming di Tengah Wabah Corona

Pandemi virus corona menunjukkan pentingnya media baru dalam dakwah. Meski dituntut menjaga jarak atau physical distancing, tidak ada alasan bagi urusan dakwah atau mencari ilmu agama. Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1441 H, SMP Negeri 1 Sukoharjo mengawali kegiatan belajar dengan kajian online secara live streaming.

Siswa mengikuti kegiatan secara live dari rumah dan membuat ringkasan materi kajian. Kegiatan juga diisi dengan review materi untuk Penilaian AKhir Tahun oleh semua Bapak Ibu guru mata pelajaran. Review tersebut dimaksudkan untuk memotivasi siswa, mereview tugas-tugas yang telah disampaikan, dan menyampaikan kisi-kisi materi PAT.

Peduli Dampak Corona, SMP N 1 Sukoharjo Salurkan Bantuan

Penyerahan 80 paket sembako kepada keluarga siswa yang kurang mampu oleh Dra. Indiah Dewi Murni, M.Pd selaku Kepala SMP Negeri 1 Sukoharjo kepada Ketua Sie Kekeluargaan Bp. Drs. Laminto pada Senin, 20 April 2020 untuk segera di distribusikan.
Pemberian bantuan tersebut dilakukan untuk membantu keluarga siswa kurang mampu yang terdampak secara ekonomi selama bertahan di rumah akibat penyebaran wabah virus corona.Pemberian bantuan dilakukan secara “door to door” kepada keluarga siswa kelas 7 dan 8 yang kurang mampu dan telah di data sebelumnya.

Semoga Pandemi corona ini segera berakhir..
Aamiin.

Spensa Peduli, Spensa Berbagi di Tengah Pandemi

Selasa 7 April 2020. Kami, Squad Supporter Spensa mengadakan bagi-bagi masker gratis di lima penjuru proliman Sukoharjo. Di tengah mewabahnya virus corona yang masih mengkhawatirkan, butuh kepedulian dari sesama untuk bersinergi dan saling peduli agar semua ikut terlibat demi mencegah semakin merebaknya virus corona/ khususnya kita sebagai pelajar harus peduli dan bergerak untuk untuk mengatasinya. Maka dari itu, kami merasa tergerak untuk mengadakan bagi-bagi masker gratis.

Kami terdorong untuk melakukan aksi ini karena terinspirasi dari sosok dr.tirta, ia adalah sosok yang menginspirasi dan memiliki rasa kepedulian yang besar. Maka dari itu dengan pengalaman dan pengetahuan yang sedikit, kami berusaha dan nekat. Dana yang telah terkumpul atas aksi ini yaitu sebesar Rp 1.957.000 . Dana tersebut terkumpul dengan cara membuat poster yang kita bagikan ke grup supporter, lalu menulis list. Setelah list tertulis, panitia mengambil ke rumah masing-masing. Uang tersebut tidak semuanya kita belikan masker. Namun, juga kita belikan Snack kardus 50 pcs untuk supeltras dan pekerja jalanan.

“Dengan ini kami berharap, sebagai seorang pelajar tidak hanya melulu tentang pelajaran. Namun, harus memiliki rasa kepedulian dan kebersamaan terhadap sesama” -Anak2 pendukung spensa-

Ujian Praktik dengan Berkampanye

Merebaknya Virus Covid-19 akhir-akhir ini menjadi satu keresahan yang dirasakan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran secara tatap muka secara otomatis dialihkan menjadi pembelajaran daring demi memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Tryout, Ujian Sekolah, Ujian Praktik pun juga dilaksanakan secara daring.
Setelah sukses melewati Tryout dan Ujian Sekolah secara daring, kini Ujian praktik juga dijadwalkan secara daring sebagai berikut :

Yang menarik pada ujian praktik tahun ini yaitu diwujudkan dalam bentuk kampanye pencegahan covid-19 melalui video dan poster yang diupload dimedia sosial. Adapun tujuan kampanye tersebut diantaranya :
1. melaksanakan perintah dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dalam rangka kampanye pelajar Indonesia tentang covid 19
2. membelajarkan ke anak salah satu fungsi positif dari media sosial
3. percepatan penyebaran informasi pesan kesehatan
4. mengisi waktu luang untuk mengurangi kebosanan
5. desiminasi tentang covid 19
6. menumbuhkan rasa motivasi untuk berkarya seni
7. menumbuhkan empati sosial
8. menumbuhkan karakter

Ujian Praktik tidak hanya untuk mengejar nilai, tapi juga mengajarkan kepedulian, empati, dan menumbuhkan karakter.