Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI TATA KERJA
(SOTK)
SMP NEGERI 1 SUKOHARJO

A. PENDAHULUAN

SMP Negeri 1 Sukoharjo yang telah berusia lebih dari setengah abad dalam perkembangannya dari masa ke masa, dibarengi dengan pasang surut dalam meraih prestasi dan secara matang untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas perlu bekerja keras. Persiapan menuju kejayaan SMP Negeri 1 Sukoharjo tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, tetapi perlu adanya persiapan-persiapan yang serius, terutama dalam hal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Wujud nyata peningkatan SDM berupa terciptanya daya saing dan sikap profesionalisme kerja bagi segenap tenaga kependidikan dan tenaga administrasi di SMP Negeri 1 Sukoharjo.
Sebagai usaha mewujudkan keinginan tersebut, perlu diwujudkan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Pemantapan pelaksanaan program-program sekolah.
2. Peningkatan kualitas tenaga pendidikan, tenaga administrasi dan petugas-petugas lainnya di SMP Negeri 1 Sukoharjo.
3. Penempatan, penugasan guru/karyawan dan petugas lain sesuai dengan spesialisasi dan kompetensinya.
4. Peningkatan layanan pendidikan kepada peserta didik dan masyarakat.
5. Peningkatan kesadaran bagi segenap guru/karyawan SMP Negeri 1 Sukoharjo untuk meningkatkan kualitas dan peran dalam tugas yang diembannya.
6. Peningkatan kualitas organisasi dan administrasi di sekolah.
Dengan adanya semangat kerjasama dan kebersamaan demi perwujudan pengabdian dan usaha nyata maka diharapkan pada masa yang akan datang akan menjadi sekolah yang besar sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Dengan demikian usaha untuk mewujudkan harapan-harapan di atas perlu diwujudkan secara nyata, dalam bentuk langkah-langkah positif yang disepakati bersama.
B. DASAR
1. Dasar Hukum
a. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
b. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
c. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
d. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tatakerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 94 Tahun 2006;
e. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
f. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Stándar Kepala Sekolah/Madrasah;
g. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Stándar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
h. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
i. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
j. Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
k. Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tentang Pengelolaan Pendidikan Kabupaten Sukoharjo ;

2. Dasar Pemikiran
Sebagai sekolah yang memiliki:
a. Visi :
Menjadi Sekolah yang unggul dalam prestasi, senantiasa luhur dalam budi pekerti, sehat jasmani rohani dan mampu bersaing secara global serta berwawasan kelestarian lingkungan hidup
b. Nilai Inti
• Religius
• Jujur dan Integritas
• Fokus Kepada Pelanggan
• Kompeten, Ramah, dan Menyenangkan
• Kreatif dan Inovatif
• Pembelajaran Berkesinambungan
• Berkarakter Kebangsaan
c. Misi Sekolah:
• Menyiapkan siswa yang cerdas, kompetitif dan mampu bersaing dan berkolaborasi secara global serta menjadi pelopor pelestarian lingkungan hidup.
• Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, kompeten dan terjangkau masyarakat.
• Menyiapkan lulusan yang bermartabat, berbudi pekerti luhur, kreatif, dan senantiasa berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.
• Menyiapkan warga sekolah yang sehat jasmani dan rohani, sejahtera lahir dan batin, senantiasa bersifat religius, bersikap demokratis dan bertindak profesional.
• Menumbuhkembangkan bakat, minat dan kemampuan siswa, untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri
d. Strategi:
Dalam menuju tercapainya sebagai Sekolah unggul, SMP Negeri 1 Sukoharjo menerapkan Strategi Berkinerja Unggul yang terdiri atas:
• Beroperasional secara Unggul dengan komponen berupa beroperasional prima dan proses yang efektif dan efisien
• Produk yang Unggul dengan komponen Pencapaian Prestasi Siswa yang Unggul dan Pencapaian Prestasi Sekolah yang Unggul
• Layanan Pendidikan Prima dengan komponen Memberi Solusi Kepada Semua Pemangku Kepentingan
e. Peta Strategi:
Dalam menerapkan Strategi Berkinerja Unggul, SMP Negeri 1 Sukoharjo mengejawantahkan dengan peta strategi sebagai berikut:

C. TUJUAN SEKOLAH
1. Tujuan Jangka Panjang
a Mewujudkan SMP Negeri 1 Sukoharjo sebagai Sekolah masyarakat atas dasar kualitas dan prestasinya.
b Meningkatkan kualitas dan profesionalisme Sumber Daya Manusia SMP Negeri 1 Sukoharjo.
c Meningkatkan daya saing bagi tenaga kependidikan dan tenaga administrasi serta tenaga-tenaga lainnya di SMP Negeri 1 Sukoharjo.
d Meningkatkan penghargaan terhadap guru, karyawan dan petugas lain atas dasar prestasi dan kompetensinya di SMP Negeri 1 Sukoharjo.
e Meningkatkan peran Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 1 Sukoharjo bagi peserta didik dan masyarakat.
f Meningkatkan kebanggaan terhadap SMP Negeri 1 Sukoharjo.
g Meningkatkan prestasi peserta didik baik dalam bidang akademis maupun non akademis di tingkat nasional dan global.
h Meningkatkan pengembangan pendidikan berkarakter kebangsaan pada semua warga sekolah
i Menciptakan Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 1 Sukoharjo yang selalu siap dalam menghadapi segala bentuk perubahan yang terjadi.
j Mewujudkan organisasi yang dinamis di SMP Negeri 1 Sukoharjo yang mendorong munculnya peningkatan kualitas dan prestasi dalam segala hal.
k Mewujudkan SMP Negeri 1 Sukoharjo sebagai sekolah yang selalu siap mengikuti perkembangan global.
l Menciptakan Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 1 Sukoharjo yang kreatif dan inovatif
m Mewujudkan sarana dan prasarana SMP Negeri 1 Sukoharjo

2. Tujuan Sekolah 4 tahun
a. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator karakter bangsa dan adiwiyata untuk semua mata pelajaran yang rensponsif gender.
b. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan RPP berkarakter semua mata pelajaran yang rensponsif gender.
c. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar isi (kurikulum satuan pendidikan, meliputi: tercapai/ telah dibuat kurikulum satuan, silabus lengkap, model/sistem penilaian lengkap, RPP lengkap, yang semuanya berwawaskan karakter yang rensponsif gender.
d. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran meliputi: tercapai/telah dibuat/ditetapkan melaksanakan pembelajaran scientific dengan strategi/metode: CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, secara lengkap termasuk pembelajaran di luar kelas/sekolah yang berkarakter dan rensponsif gender.
e. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK, semua mengajar sesuai bidangnya, mampu menggunakan perangkat TIK.
f. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi: semua sarpras, fasilitas, peralatan, dan perawatan sesuai kebutuhan peserta didik perempuan dan laki-laki.
g. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah dan memenuhi standar ISO 9001:2008, ISO 14001, Adiwiyata , berkarakter dan berbasis ICT
h. Sekolah mampu menerapkan Sistem Informasi Manajemen berbasis ICT
i. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan
j. Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya mutu sekolah yang memadai.
k. Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya lingkungan hijau yang memadai.
l. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah dengan menerapkan 7K secara lengkap.

D. STRUKTUK ORGANISASI
BIDANG AKADEMIK

BIDANG KESISWAAN


BIDANG SAPRAS
s

E. FUNGSI, TUGAS, DAN WEWENANG PENGELOLA SEKOLAH MENURUT JABATAN
I. KEPALA SEKOLAH :
Tugas Pokok:
a. Kepala sekolah sebagai Edukator bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses pembelajaran secara efektif dan efisien dan bertugas melakukan proses belajar mengajar atau bimbingan dan konseling
b. Kepala sekolah selaku Manajer bertanggung jawab atas sistem manajemen yang berlaku di sekolah dan bertugas:
1. Menyusun perencanaan
2. Pengorganisasian kegiatan
3. Mengarahkan kegiatan
4. Mengkoordinasikan kegiatan
5. Melaksanakan pengawasan
6. Melakukan evaluasi kegiatan
7. Menentukan kebijakan
8. Mengadakan rapat
9. Mengambil keputusan
10. Mengatur proses belajar mengajar
11. Mengatur administrasi
• Ketatausahaan
• Kesiswaan
• Ketenagaan
• Sarana prasarana
• Keuangan
• Hubungan masyarakat
12. Mengatur OSIS
13. Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat
c. Kepala sekolah selaku administrator bertanggung jawab dan bertugas menyelenggaraan administrasi:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pengawasan
6. Kurikulum
7. Kesiswaan
8. Ketatausahaan
9. Ketenagaan
10. kantor
11. Keuangan
12. Perpustakaan
13. Laboratorium
14. Ruang ketrampilan/ kesenian
15. Bimbingan dan konseling
16. UKS
17. OSIS
18. Aula
19. Multi Media
20. Gudang
21. 7 K
d. Kepala sekolah selaku supervisor, bertanggung jawab dalam pelaksanaan supervisi seluruh kegiatan di sekolah dan menyelenggarakan supervisi mengenai:
1. Proses belajar mengajar
2. Kegiatan bimbingan dan konseling
3. Kegiatan ekstrakurikuler
4. Kegiatan ketatausahaan
5. Kegiatan kerja sama dengan masyarakat dan instansi terkait
6. Sarana prasarana
7. kegiatan OSIS
8. Kegiatan 7 K
e. Kepala sekolah selaku Leader bertanggung jawab atas kelangsungan institusi yang dipimpin dan keseluruhan SDM didalamnya serta bertugas:
1. Menyusun visi dan misi sekolah
2. Memahami semua personil sekolah
3. Mengambil keputusan sekolah
4. Melaksanakan pengembangan sekolah
f. Kepala sekolah selaku Inovator bertanggung jawab atas segala bentuk inovasi yang dilakukan di dalam institusi serta:
1. Melaksanakan pembaharuan bidang kurikulum, kesiswaan dan pembaharuan sekolah lainnya.
2. Melaksanakan pembaharuan hubungan dengan masyarakat, orang tua siswa dan lainnya.
3. Melaksanakan pembinaan / latihan guru dan karyawan
g. Kepala sekolah selaku Motivator senantiasa memotivasi seluruh SDM yang dipimpinnya untuk bersama-sama memajukan sekolah
1. Mengatur ruangan kelas yang kondusif dan inovatif
2. Mengatur ruangan laboratorium yang kondosif dan inovatif.
3. Mengatur lingkungan sekolah yang kreatif dan indah.
4. Mengadakan hubungan harmonis dengan stakeholder sekolah
5. Menerapkan hukuman dan hadiah bagi guru dan karyawan.
h. Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan secara berkala
i.
II. Waka I (Akademik/Kurikulum)
Tugas Pokok:
1. Membantu kepala sekolah mengkoordinasikan bidang Kurikulum dengan bagian-bagian :
• Tenaga Administrasi Akademik
• Kepala Perpustakaan
• Standar ISI
• Standar Kompetensi Lulusan
• Standar Proses
• Standar Penilaian
• Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
• Kepala Laboratorium
• Koordinator MGMP
2. Membantu kepala sekolah menangani bidang lainnya yang sesuai.
3. Mempersiapkan rapat-rapat sekolah.
III. Waka II (Kesiswaan):
Tugas pokok:
1. Membantu Kepala Sekolah Mengkoordinasikan bidang Kesiswaan dengan bagian-bagian :
• Tenaga Administrasi Kesiswaan
• Koordinator Guru BK
• Koordinator Ekstra Kurikuler
• Koordinator Karakter Bangsa dan Adiwiyata
• Bidang Ke-Humas-an
• Pelacakan Alumni
• Pembina OSIS
a. Seksi PLH
b. Seksi Kehidupan Berbangsa dan Bela Negara
c. Seksi Ketakwaan Kepada Tuhan YME
d. Seksi Kepribadian dan Budipekerti Luhur
e. Seksi Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi
f. Seksi Organisasi dan Pendidikan Politik dan Kepemimpinan
g. Seksi Apresiasi dan Kreasi Seni
h. Seksi Ketrampilan dan Kewirausahaan
i. Pengurus OSIS dan Perwakilan Kelas
2. Membantu Kepala Sekolah menangani bidang yang lain yang sesuai
3. Mempersiapkan kegiatan rapat-rapat sekolah.

IV. Waka III (Sarana dan Prasaran)
1. Membantu Kepala Sekolah Mengkoordinasikan bidang Kesiswaan dengan bagian-bagian :
• Tenaga Administrasi Sarpras
• Pengadaan Sarana Prasarana
• Pemeliharaan Gedung dan Kebersihan Lingkungan
• Pemeliharaan Alat dan Sarana Belajar
• Keamanan Lingkungan
• Perpustakaan/Pustakawan
• Teknisi IPAL dan Komposter
2. Membantu Kepala Sekolah menangani bidang yang lain yang sesuai
3. Mempersiapkan kegiatan rapat-rapat sekolah.

IV. Bidang-Bidang Pengembangan
a. Bidang Kurikulum
Membantu Waka Akademik mengkoordinasikan Bagian Kurikulum dengan urusan-urusan :
1) Standar ISI
• Bertanggung jawab keberadaan Dokumen Kurikulum di sekolah
• Bersama Standar Proses mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan pengajaran
2) Kompetensi Lulusan
• Standar Membina kegiatan lomba bidang akademis dan non akademis bersama guru Mapel
• Menyusun laporan pelaksanaan lomba
3) Standar Proses
• Menyusun Program Pengajaran (Kalender Akademik dan RPP)
• Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
• Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan satuan pengajaran
• Menyusun laporan pelaksanaan pembelajaran dan Supervisi
• Membina kegiatan MGMP
• Memastikan Jurnal Kelas telah terisi
4) Standar Penilaian
• Menyusun jadwal pelaksanaan UTS, UAS, Ujian Akhir
• Menyusun kriteria persyaratan kenaikan kelas dan kelulusan
• Membuat laporan penilaian
5) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
• Mengkoordinasikan Evadir PTK
• Mengkoordinasikan SKP
• Mengkoordinasikan PAK dan Kenaikan Pangkat
• Melaksanakan Pemilihan Guru prestasi
6) Kepala Laboratorium
• Bertanggung jawab terhadap perencanaan Program, pelaksanaan dan evaluasi penggunaan Laboratorium
• Mengkoordinasikan kelengkapan alat, keberadaan dan kebersihan alat dan lingkungan Laboratorium dengan Waka Sarpras
7) Koordinator MGMP
• Mengkoordinasikan pelaksanaan MGMP sekolah
b. Bidang Sarana dan Prasarana
1) Tenaga Administrasi Sarpras
• Mengurusi administrasi Sarana dan prasarana dari pencatatan, mutasi, sampai dengan penghapusan
2) Pengadaan Sarana Prasarana
• Membantu Waka Sarana Prasarana mengkoordinasi Pengadaan Sarana
• Menyusun rencana kebutuhan pengadaan, penggunaan dan persediaan minimal bahan habis pakai
• Mengelola pembiayaan alat-alat pembelajaran
• Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana prasarana
• Menyelenggarakan proses pembelian atau pengadaan sarana prasarana
• Melakukan evaluasi terhadap para vendor
• Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana prasarana secara berkala
3) Pemeliharaan Gedung dan Kebersihan Lingkungan
• Mengatur jadwal penggunaan dan pemeliharaan gedung
• Mengelola Kebersihan Lingkungan
• Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana prasarana secara berkala
4) Pemeliharaan Alat dan Sarana Belajar
• Mengatur jadwal penggunaan dan pemeliharaan Alat dan Sarana Belajar
• Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana prasarana secara berkala
• Melakukan evaluasi terhadap para vendor
5) Keamanan Lingkungan
• Mengatur program dan jadwal pengamanan lingkungan sekolah
• Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana prasarana secara berkala
6) Pustakawan/Perpustakaan
• Menyusun rencana kebutuhan perpustakaan, penggunaan dan pengelolaan bersama Ka Perpustakaan
• Mengelola pembiayaan Perpustakaan
• Mengkoordinasikan pendayagunaan Perpustakaan
• Menyusun laporan pelaksanaan urusan Perpustakaan secara berkala
7) Teknisi IPAL dan Komposter
• Memastikan proses IPAL dan Komposter berlangsung secara berkesinambungan
• Menanggulangi berbagai kemungkinan yang dapat menghambat proses IPAL dan Komposter
• Menyusun laporan pelaksanaan urusan IPAL dan Komposter

c. Bidang Kesiswaan
Tugas Pokok :
1. Membantu Waka Kesiswaan dalam mengkoordinasi Guru Bimbingan Konseling, Koordinator Ekstrakurikuler, Koordinator Karakter Kebangsaan dan Adiwiyata, Humas dan OSIS
2. Menyusun Program Pembinaan Kesiswaan
3. Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS
4. Membina pengurus OSIS berorganisasi
5. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidental
6. Membina dan melaksanakan koordinasi 6K (keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan dan kekeluargaan)
7. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa
8. Mengadakan pemilihan siswa wakil sekolah dalam kegiatan luar sekolah
9. Mengatur mutasi siswa
10. Menyusun program kegiatan ekstrakurikuler
11. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala

Koordinator – Koordinator
1) Koordinator Guru Bimbingan Konseling
• Menyusun program pelaksanaan bimbingan dan konseling
• Bertanggungjawab dalam pelaksanaan koordinasi dengan wali kelas dalam mengatasi masalah yang dihadapi peserta didik
• Bertanggungjawab dalam layanan bimbingan peserta didik agar lebih berprestasi
• Bertanggungjawab dalam pemberian saran dan pertimbangan peserta didik agar memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
• Bertanggungjawab dalam hasil penilaian bimbingan dan konseling
• Bertanggungjawab dalam penyusunan statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling
• Bertanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
• Menyusun program pelaksanaan tindak lanjut bimbingan dan konseling
• Menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Guru Pembimbing
• Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling
2) Koordinator Ekstrakurikuler
• Menyusun Perencanaan kegiatan sesuai dengan kegiatannya
• Melaksanakan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler
• Melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut kegiatan sesuai dengan bidang masing-masing
• Melaksanakan kegiatan pengembangan yang berhubungan dengan bidang masing-masing.
• Melaksanakan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan bidang masing-masing.

3) Koordinator Pengembangan Karakter dan Nasionalisme
• Menyusun Tim Pengembang Karakter dan Nasionalisme
• Membuat Rencana Program kerja
• Mengontrol pelaksanaan Program
• Mengevaluasi Pelaksanaan Program
• Membuat Pelaporan
• Mengkoordinasikan seksi-seksi

4) Koordinator HUMAS
• Mengkoordinasikan Komunikasi Internal, Komunikasi Eksternal, Kerjasama Institusi dan Beasiswa Murid & Guru
• Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/wali peserta didik
• Membina hubungan dengan komite sekolah
• Melaksanakan Pemilihan Guru Teladan
• Mengatur jadwal rapat evaluasi kinerja semua bagian (Rapat Tinjauan Manajemen)
• Menggalang hubungan kerjasama dengan Institusi Donatur Pendidikan
• Membina hubungan dengan Sister School
• Membina hubungan dengan Para Alumni
• Mengelola penyelenggaraan Wisuda/Pelepasan siswa
• Menyusun Kode Etik Hubungan Sekolah
• Menyusun Kode Etik Guru

Guru BK
Tugas Pokok:
• Membantu dalam penyusunan program pelaksanaan bimbingan dan konseling
• Melaksanakan koordinasi dengan wali kelas dalam mengatasi masalah yang dihadapi peserta didik
• Memberikan layanan bimbingan kepada peserta didik agar lebih berprestasi
• Memberikan saran dan pertimbangan pada peserta didik agar memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
• Melakukan penilaian hasil pelaksanaan bimbingan dan konseling
• Membantu dalam penyusunan hasil statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling
• Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
• Membantu dalam penyusunan program pelaksanaan tindak lanjut bimbingan dan konseling
• Mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Pembimbing
• Membantu dalam penyusunan laporan pelaksanaan tindak dan konseling
IV. Tugas Lainnya
a. Kepala Tata Administrasi Sekolah
Tugas Pokok:
• Menyusun program tata administrasi sekolah
• Mengelola keuangan sekolah
• Mengurus administrasi pendidik dan peserta didik
• Membina pengembangan karir pegawai tata administrasi sekolah
• Menyusun administrasi perlengkapan sekolah
• Menyusun dan menyajikan data/statistik sekolah
• Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
• Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala
• Menjaga kesehatan anggota sekolah

b. Staf Administrasi Kesekretariatan
Tugas Pokok:
• Membantu menyusun program sekretariat
• Menyusun administrasi perlengkapan sekolah
• Mengurus administrasi peserta didik
• Membantu menyusun dan menyajikan data statistik sekolah
• Mengkoordinasikan pelaksanaan 6K
• Membantu menyusun laporan pelaksanaan kegiatan ketatausahaan

c. Staf Administrasi Kepegawaian
Tugas Pokok:
• Membantu menyusun program kepegawaian dan pengembangan SDM
• Mengurus administrasi ketenagaan
• Mengadministrasikan kegiatan terkait pengembangan karir pegawai tata usaha
• Membantu menyusun laporan pelaksanaan kegiatan terkait bidang kepegawaian
d. Staf Administrasi Keuangan
Tugas Pokok;
• Membantu menyusun program keuangan dan akuntansi
• Membantu mengelola keuangan sekolah
• Membantu menyusun laporan pelaksanaan kegiatan bidang keuangan dan akuntansi
• Menyajikan Laporan Keuangan
- Laporan Akuntansi Keuangan
- Laporan Akuntansi Manajerial
Guru
Tugas Pokok:
a. Membuat program pengajaran
b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran serta penilaian peserta didik
c. Membuat catatan kemajuan hasil belajar masing-masing peserta didik
d. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
e. Membuat dan mengembangkan alat peraga terkait mata pelajaran yang disampaikan
f. Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
g. Melaksanakan tugas tertentu dari sekolah
h. Mengadakan pengembangan/inovasi pada bidang pengajarannya (Penelitian Tindakan Kelas)
i. Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum serta bertanggungjawab atas daftar hadir peserta didik
j. Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkat
k. Menyusun perangkat pembelajaran berupa:
- Kurikulum dan Silabus
- Rencana Proses Pembelajaran

VII. Wali Kelas
Tugas Wali Kelas
Wali Kelas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
1. Pengelolaan kelas.
• Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi:
a. Denah tempat duduk.
b. Papan absensi siswa
c. daftar pelajaran kelas.
d. Daftar piket kelas.
e. Buku absensi siswa
f. Buku kegiatan pembelajaran di kelas ( jurnal kelas).
g. Tata tetib kelas
• Penyusunan/ pembuatan statistik bulanan siswa.
• Pengisian daftar kumpulan nilai siswa ( legger).
• Pengisian Daftar kelas.
• Pembuatan catatan khusus tentang siswa.
• Pencatatan mutasi siswa
• Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar.
• Pembagian buku laporan hasil belajar.
• Mengenal dan memahami permasalahan siswa
• Membantu siswa yang mengalami permasalahan.
• Kunjungan rumah( home visit).
• Kebersihan, keindahan, keamanan kelas.
• Melaksanakan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kelas.

VIII. KOORDINATOR PIKET / PEMANTAU DISIPLIN SISWA
Tugas Pokok:
1. Memantau kehadiran siswa dipagi hari dari pukul 06.30 – siswa pulang sekolah
2. Memantau kerapian berpakaian para siswa
3. Memantau kebersihan kelas dipagi hari.
4. Menangani siswa yang terlambat, dengan memberikan pengarahan dan memberikan surat keterangan untuk masuk kelas.
5. Melayani siswa yang akan ijin meninggalkan sekolah karena keperluan yang dapat dipertanggung jawabkan.
6. Memasuki kelas yang tidak ada gurunya karena alasan tertentu dan memberikan tugas atau menggantikan mengajar.
7. Mengisi buku jurnal piket dan menandatangani.
8. Mencatat siswa yang terlambat datang ke sekolah.
9. Mencatat siswa yang ijin meninggalkan sekolah.
10. Mencatat guru yang ijin meninggalkan sekolah karena ada keperluan sekolah, setelah mendapat surat ijin / surat tugas dari kepala sekolah/ wakil kepala sekolah.

Comments are closed