• SMP NEGERI 1 SUKOHARJO
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Dewan Penggalang (Kepramukaan)

 

Kegiatan Pramuka di SMP Negeri1 Sukoharjo sudah ada sejak didirikan nya SMP Negeri 1 Sukoharjo pada tahun 1957. Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 1 Sukoharjo tidak terlepas dari peran Kakak kakak Dewan Pembina dan Kakak kakak Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Sukoharjo dalam pelaksanaannya. Kakak kakak Dewan Pembina dan kakak kakak Dewan penggalang bertugas dalam mengisi, mengawasi, serta sebagai pengarah kita dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka. Banyak kegiatan Pramuka yang dipandu oleh Dewan Penggalang.

Dewan penggalang itu apa sih?

Dewan Penggalang adalah adalah organisasi yang berisi kan anggota Pramuka berumur11-15 tahun. Di SMP Negeri 1 Sukoharjo organisasi ini sering di sebut dengan "DG/Dewan Galang". Dewan Penggalang di SMP Negeri 1 Sukoharjo Didirikan sebagai respon terhadap kebutuhan akan organisasi yang dapat menampung minat siswa dalam kegiatan sosial dan kepemimpinan. Inisiatif ini muncul dari para guru yang melihat potensi siswa untuk berkontribusi lebih banyak pada lingkungan sekolah. Pada awalnya, Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Sukoharjo dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan rasa tanggung jawab sosial. Dengan dukungan kepala sekolah, sekelompok siswa dari berbagai kelas dipilih untuk menjadi anggota pendiri. Mereka merancang program-program awal, termasuk kegiatan bakti sosial dan pengembangan lingkungan sekolah. Dewan Penggalang memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab yang bertujuan untuk mengembangkan kepemimpinan, keterampilan sosial, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Berikut adalah beberapa tugas utama mereka :
1.Menyampaikan materidalam kegiatan Pramuka rutin
2.Membangun Hubungan Antar Siswa,dandengan Masyarakat sekitar
3. Evaluasi Kegiatan
4.Menyusun Agenda Kegiatan
5.Penggalangan Anggota Baru
6.Membangun sifat peduli terhadap sesama


Tentunya menjalankan kegiatan kegiatan tersebut berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Di SMP Negeri 1 Sukoharjo bukan hanya itu saja kegiatan Kakak dewan penggalang,sudah ada banyak kegiatan di SMP Negeri 1 Sukoharjo yang diselenggarakan oleh dewan penggalang,seperti :
a. kegiatan Pramuka rutin
b. Persami
c. Lomba tingkat1
d. Gadian pemimpin regu
e. Pengembaraan
f. Pemantapan dewan penggalang

Kepengurusan Dewan Penggalang dan dewan pembina SMP Negeri 1 Sukoharjo mengalami pergantian setiap tahun nya, agar mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik juga memiliki kesempatan untuk memimpin sebuah organisasi. Struktur organisasi dewan Penggalang saat ini dipimpin atau diketuai oleh Kak Ezar Arya Javiero kelas 9A yang menjabat sebagai Pratama putra dan Kak Artika Tyas Shafana kelas 9B yang menjabat sebagai Pratama putri, tugas mereka juga di bantu oleh anggota lain nya seperti krani (sekertaris), juru uang (bendahara),dan seksi seksi kegiatan lain nya.

Komentar

Keren sekali

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Tempat Parkir Siswa

-

07/10/2024 10:52 - Oleh Administrator - Dilihat 23 kali
Ruang Kelas

-

07/10/2024 10:52 - Oleh Administrator - Dilihat 24 kali
Masjid

-

07/10/2024 10:51 - Oleh Administrator - Dilihat 23 kali
Perpustakaan

-

07/10/2024 10:51 - Oleh Administrator - Dilihat 24 kali
Kantin dan Koperasi

-

07/10/2024 10:51 - Oleh Administrator - Dilihat 20 kali